Ketahui Lebih cepat penyebab gusi turun

Gusi turun atau resesi gingiva adalah kondisi kerusakan akibat gusi mengalami penurunan yang mengarah ke akar akar gigi padahal gusi ini berfungsi untuk melindungi akar gigi , ini membuat permukaan akar gigi terbuka dan terekspos . Keadaan ini membuat keluhan gigi , menyebabkan gigi sensitif , menimbulkan karies gigi , menganggu penampilan gigi , dan perubahan warna gigi kondisi inilah yang membuat penderitanya mengalami ngilu atau linu pada makanan dan minuman yang bersuhu dingin atau hangat ini juga disebabkan karena penurunan gigi .

Sumbergambar :liputan6.com

Hasil gambar untuk gusi turun

Lalu sebenaarnya apasih penyebab penurunan gusi ? Dilansir dari klikdokter penurunan gusi dapat disebabkan karena cara teknik menyikat gigi yang salah juga bisa menimbulkan penurunan gusi , kuman pada plak gigi dapat menyebabkan peradangan gusi yang berakibat penurunan gusi , memilih jenis sikat gigi , posisi gigi yang tidak benar seperti miring miring , berputar atau agak menonjol ,  Penambalan yang tidak tepat dan yang dapat menimbulkan penurunan gusi juga adalah cara perawatan gigi yang salah seperti dental floss , grinding dan  clenching . Maka dari itu kita bisa melakukan pencegahan seperti belajar cara menyikat gigi yang benar , pemilihan jenis sikat gigi yang tepat, melakukan perawatan orthodontik atau behel dengan pentunjuk dokter dengan benar , menggunakan obat kumur secara tidak berlebihan , tidak terlalu sering melakukan perawatan gigi seperti grinding dan clenching karena jika terlalu sering dapat membuat penekanan pada gigi , serta masalah hormonal seperti menstruasi , puber , kehamilan dan menopause . Lalu adakah pencegahan untuk gusi turun ? Dilansir dalam klikdokter bisa dicegah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut dan gigi , pastikan teknik menyikat gigi dengan benar , lakukan lemeriksaan gigi ke dokter spesialist gigi minimal dua kali setahun  ,memilih sikat gigi yang ergonomis dan memiliki bulu sikat lembut , menjaga pola hidup sehat , mengonsumsi makanan yang bergisi dan bernutrisi seimbang dan yang penting juga menjauhi kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi minum minuman keras

  Penurunan gusi juga penyakit gigi yang tidak bisa disepelekan karena bisa menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius jika gusi dibiarkan terus menerus mengalami penurunan maka gigi lambat laun akan goyang dan gigi bisa terlepas segerakan periksakan kedokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang intensif , dokter akan memulai dengan mendiagnosa kamu dengan mengumpulkan keluhan kamu terlebih dahulu seperti apa gusi anda berdarah saat menyikat gigi disertai nyeri dan ngilu , atau apakah sampai muncul nanah lalu dokter akan mengumpulkan informasi dari pemeriksaan tersebut dan jika perlu melakukan pemeriksaan penunjang yaitu pemeriksaan foto sinar x untuk mengetahui apabila terdapat kerusakan tulang.Bisa juga dokter membersihkan secara mendalam area yang terkena gusi turundan melakukan pembedahan untuk mengobati gusi turun dilansir dari hellosehat , prosedur bedah mengobati gusi turun seperti : 

  • Pengurangan kedalaman kantong 

Dokter gigi akan melakukan melipat kebelakang jaringan gusi yang terkena , menghilangkan bakteri berbahaya dari kantong gusi , dan mengamankan jaringan gusi pada tempatnya di atas akar gigi . dengan begitu kantong akan menghilang atau ukuran menjadi berkurang.

  • Regenerasi

Tindakan ini untuk menumbuhkan kembali tulang dan jaringan yang hilang mungkin akan dianjurkan jika tulang yang menyokong gigi telah hancur . Bahan regeneratif seperi selaput , jaringan cangkok , atau protein perangsang jaringan , akan ditempatkan untuk membantu tubuh secara alami menumbuhkan tulang dan jaringan kembali apabila sudah bahan regenerative ditempatkan dan dipasangkan kembali diatas akar gigi .

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>